Selasa, 13 November 2012

panduan service komputer


Service komputer sendiri, Kenapa ngga ?

Siapa sih yg ngga knal komputer? Hampir semua orang saat ini knal ama barang elektronik yg satu ini. Mulai dari ade, kakak, mas-mas, mbak-mbak, bapak, ibu, kakek, nenek, siapa aja deh, knal ama komputer. Meski ngga semuanya jago buat ngoperasiinnya tapi, aku rasa kalo belajar pasti bisa, ngga susah2 amat kok, seperti layaknya kita belajar make Handphone(hape).
Nah berikut ada beberapa tips gimana sih buat service komputer sendiri, jadi kita ngga perlu repot2n bawa ke tukang service.
Jika komputer kamu rusak maka hal yg pertama kamu lakukan adalah “jangan panik”  Ikuti langkah-langkah berikut?
1. Check kondisi listrik yg terhubung ke komputer(CPU) kamu, apakah sudah terpasang dengan benar atau belum
2. Jika sudah benar, check pemasangan kabel2 yg terhubung ke komputer, pastikan semuanya sudah terpasang pada tempatnya.
3. Periksa kondisi monitor, Apakah lampunya kedip-kedip(stand by), hijau muda/kuning(normal), atau merah/orange(lost signal).
4. Pastikan ketika anda menekan tombol power, maka lampu yg ada pada casing menyala, <kuning/hijau muda= power on, merah/orange= hard disk on>, jika tidak menyala, check apakah fan pada power supply berputar, kalo mati berarti ada masalah dengan sambungan listrik kamu.
5. Dengarkan bunyi BEEP setelah kamu menekan tombol power. Jika tidak terdengar, maka ada masalah pada hardware kamu. Bunyi standar adalah suara BEEP 1 kali. Jika terdengar bunyi beberapa kali, hardware anda bermasalah.(BEEP 1x panjang =memory {RAM} trouble, BEEP 1x panjang & 3 x pendek = VGA bermasalah)
Silakan mencoba!
Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa melalui email atau cantumkan pertanyaan kamu di bagian comment. Trims !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar